Pages

Selasa, 22 Mei 2012

Juve Terkapar, Napoli Juara Coppa Italia


Juve Terkapar, Napoli Juara Coppa Italia

Windi Wicaksono - Okezone
Senin, 21 Mei 2012 04:01 wib
Edinson Cavani usai merobek gawang Juventus (Foto: Getty)
Edinson Cavani usai merobek gawang Juventus (Foto: Getty)
ROMA – Napoli sukses menjuarai Coppa Italia usai mempermalukan Juventus 2-0 di laga final yang digelar di Stadion Olimpico, Roma, Senin (21/5/2012) dini hari WIB. Gol Edinson Cavani dan Marek Hamsik membuat Bianconeri tak berdaya di hadapan I Partenopei.
 
Napoli langsung menggebrak di awal pertandingan melalui sundulan Camilo Zuniga yang memanfaatkan umpan silang Hugo Campagnaro pada menit kedua, namun kiper Juventus, Marco Storari masih sigap dengan menepis bola tersebut.

I Partenopei tampak ingin unggul lebih dulu, mereka terus menekan pertahanan Bianconeri pada menit menit awal dengan serangan-serangan cepat melalui kaki Ezequiel Lavezzi dan Marek Hamsik.

Namun, pertandingan mulai berjalan seimbang ketika memasuki menit ke-15, kedua tim bergantian melakukan serangan. Juventus juga mampu membahayakan pertahanan Napoli. Juve mendapat peluang pada menit ke-19 lewat Claudio Marchisio, tapi kiper Morgan De Sanctis cekatan mengamankan bola.

Giliran kembali Napoli yang menyerang, pada menit ke-29, umpan silang Lavezzi gagal diselesaikan dengan baik oleh Hamsik dan hanya menyebabkan tendangan gawang. Si Nyonya Tua membalas pada menit ke-39 melalui tendangan Marco Borriello yang masih melenceng.

Kedua tim masih terus berusahan merobek gawang lawan mereka, namun hingga babak pertama usai, belum ada gol yang diciptakan baik oleh Juventus maupu Napoli, skor masih 0-0.

Babak kedua

Tempo pertandingan belum menurun memasuki babak kedua, kali ini Napoli kembali menyerang pertahanan Juve lewat aksi Blerim Dzemaili pada menit ke-50, melakukan kerjasama satu-dua dengan Lavezzi, namun Edinson Cavani yang mendapat umpan tak mampu menyelesaikan bola dengan baik.

I Partenopei masih mencoba menggempur pertahanan tim asuhan Antonio Conte, usaha mereka berbuah hasil ketika Lavezzi yang tengah melakukan penetrasi ke pertahanan Juventus dijegal Strorari di kotak terlarang pada menit ke-62.

Wasit kemudian menunjuk titik penalti, Cavani yang dipercaya menjadi algojo tak menyia-nyiakan kesempatan. Storari terkecoh tendangan penalti Cavani sekaligus membuat Napoli memimpin 1-0.

Dalam kondisi tertinggal, Bianconeri mencoba lebih ofensif dengan memasukkan pemain baru, Simone Pepe dan Mirko Vucinic, sedangkan Alessandro Del Piero ditarik keluar. Serangan Juventus pun langsung lebih trengginas.

Quagliarella juga dimasukkan untuk menambah daya gempur lini depan Si Nyonya Tua, namun Napoli sendiri langsung merapatkan barisan pertahanan mereka. Pola 5-4-1 diterapkan pelatih Walter Mazzarri untuk meredam serangan Juventus.

Keasyikan menyerang malah membuat pertahanan Bianconeri lengah, melalui serangan balik Napoli sukses memperbesar keunggulan menjadi 2-0 lewat Hamsik pada menit ke-83. Gol bermula dari aksi Goran Pandev yang kemudian memberikan assist kepada Hamsik, pemain internasional Slovakia ini pun berhasil memperdaya Storari lewat tendangan mendatarnya.

Derita Juventus belum berakhir, pemain pengganti Fabio Quagliarella diusir wasit pada menit ke-90 karena menyikut Salvatore Aronica. Hingga pertandingan usai, tak ada lagi gol tercipta, Napoli berhasil menjuarai Coppa Italia lewat kemenangan 2-0 atas Juventus.

Susunan pemain kedua tim:

Juventus: Storari; Barzagli, Bonucci, Caceres; Lichsteiner (Pepe 68), Vidal, Pirlo, Marchisio, Estigarribia; Borriello (Quagliarella 73), Del Piero (Vucinic 68).

Napoli: De Sanctis; Campagnaro, Cannavaro, Aronica; Maggio, Dzemaili, Inler, Zuniga; Hamsik (Dossena 86); Lavezzi (Pandev 73), Cavani (Britos 90).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar